Banyak Anak di Dusun Sumberan Terkena Campak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa bulan terakhir ini puluhan anak usia antara 3 hingga 12 tahun atau usia belum sekolah hingga sekolah dasar di Dusun Sumberan, Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban terserang penyakit campak atau sering disebut warga dengan penyakit damblak.

Penyakit yang identik pada anak-anak usia dini itu secara cepat bergantian menyerang anak-anak yang lain di dusun setempat. Bahkan salah satu warga menyebutkan hampir sebagian besar anak di Dusun Sumberan terserang campak.

Namun anehnya, penderita penyakit tersebut sebagian besar diderita oleh anak yang telah mengikuti imunisasi campak.

Hal itu diakui oleh Ketua RT.05/RW.02 Dusun Sumberan, Sarwi. Menurutnya beberapa hari yang lalu hampir merata anak yang berada di lingkup RT-nya terserang campak. Sebagian besar penderita campak yang diketahuinya pernah mengikuti imunisasi campak.

"Dari yang saya ketahui, anak-anak tersebut ikut imunisasi campak, termasuk cucu saya," ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (17/3/2017).
 
Sementara itu, Kepala Desa Dagangan, Sri Endang membenarkan, beberapa hari yang lalu anak-anak di Dusun Sumberan terserang penyakit panas dan muncul bercak-bercak merah entah itu campak atau tidak.

Ia menambahkan, sebagian besar anak-anak tersebut mengikuti imunisasi campak. "Iya beberapa anak terjangkit penyakit panas dan keluar bercak-bercak merah, dan sebagian besar penderita tersebut ikut dalam imunisasi campak," terang Kades. [hud/rom]