Pelaksanaan UNBK SMP di Tuban Telan Anggaran 3,7 Miliar

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama  (SMP) di Kabupaten Tuban pada tahun 2017 ini menelan anggaran sebesar 3,7 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan, Nur Khamid mengatakan, jumlah anggaran tersebut ditujukan kepada 10 sekolah yang pada tahun 2017 melaksanakan UNBK. Sebelumnya diketahui terdapat dua sekolah sebagai pilot projek UNBK yakni SMPN 1 dan SMPN 3 Tuban.

"Tahun ini 10 sekolah akan difasilitasi, masing-masing sekolah akan mendapat 30 komputer dengan dua server. Jadi totalnya ada 300 komputer," kata Nur Khamid kepada blokTuban.com, Senin (20/2/2017).

Sementara itu, informasi yang diterima blokTuban.com, terdapat 13 SMP yang akan melaksanakan UNBK. Dua SMP diantaranya tahun lalu telah menjalankan UNBK, sementara 10 SMP mendapatkan jatah bantuan komputer guna melakukan UNBK. Sedangkan satu sekolah mengikuti UNBK dengan dana dan fasilitas sendiri.

Adapun 10 sekolah yang menerima bantuan untuk melaksanakan UNBK tahun 2017 adalah SMPN 5, 6 dan 7 Tuban,  SMPN 1 Semanding, SMPN 1 Merakurak, SMPN 1 Jatirogo, SMPN 1 Plumpang, SMPN 1 Widang, SMPN 1 Rengel, dan SMPN 1 Soko.

"Sesuai laporan, SMPK Ronggolawe Tuban juga akan mengikuti UNBK. Karena tidak masuk sekolah yang dianggarkan, mereka menggunakan fasilitas sendiri," ujarnya. [dwi/rom]