Kasus Kekerasan Ibu dan Anak Meningkat Signifikan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tren angka kekerasan terhadap Ibu dan Anak di Kabupaten Tuban meningkat cukup drastis. Data yang dihimpun blokTuban.com, dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan perempuan dan anak Kabupaten Tuban menyebutkan. Di tahun 2015, angka kekerasan ibu dan anak mencapai 81 Kasus, sedangkan di tahun 2016 angka tersebut naik menjadi 119 kasus.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) di Dinas Sosial, Menik Musyahadah, menyatakan, memang angka kekerasan Ibu dan Anak di Tuban meningkat.

Hal itu terjadi karena dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu hubungan keluarga yang sudah mulai tidak harmonis.

"Salah satu faktor yang mempengaruhi memang hubungan keluarga yang tidak harmonis," ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (17/2/2017)

Namun, dengan meningkatnya kasus kekerasan terhadap Ibu dan Anak tersebut, instansi terkait telah melakukan upaya untuk menekan angka kekerasan tersebut agar berkurang. Diantaranya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di beberapa tempat.

"Kita sudah dari dulu melakukan sosialisasi untuk menekan angka kekerasan, dengan membentuk pendampingan juga," pungkasnya.[nok/col]