Musim Tanam Pertama Petani Bangilan Akan Dapatkan Subsidi Benih

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban melalui Unit Pelaksanaa Teknis Dinas (UPTD) Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Bangilan berencana akan memberikan subsidi benih padi seluas 1200 hektare di Kecamatan Bangilan.

Demikian disampaikan Kepala UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan melalui stafnya, Sutikno ketika ditemui blokTuban.com, Kamis (16/2/2017) di Bangilan. Program tersebut akan diberikan pada musim tanam ke-1 (MK-1) tahun 2017.

"Benih yang akan diberikan kepada petani ada empat varietas padi," ungkap Sutikno, Kamis (16/2/2017).

Dijelaskan Sutikno, jenis varietas benih yang akan diterima petani yaitu, padi jenis Ciboga, Situbagendit, Logawa, dan IR 64. Setiap hektare lahan menurutnya mendapat kuota 25 kilogram (kg).

Selain itu, pada MK-1 para petani juga diharapkan untuk segera mendaftarkan diri pada program asuransi usaha tani padi (AUTP) ke pihak UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan tingkat kecamatan.

Tujuannya, untuk mendorong kesejahteraan petani, diperlukan perlindungan terhadap risiko yang biasa dihadapi petani seperti perubahan iklim yang menyebabkan banjir, kekeringan, dan serangan hama.

"Harapannya petani bisa memanfaatkan program ini karena manfaatnya cukup besar," tegas Sutikno.

Masih Sutikno, menyikapi pada musim hujan kali ini, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat tani untuk selalu memantau tanamannya. Sebab, tidak menutup kemungkinan serangan hama dan penyakit masih tinggi.

"Pesan kami pada musim hujan selalu ada pengamatan. Segera informasikan ke pihak UPTD jika ditemukan hama," tandasnya.[rof/]