Takut Diterjang Ombak, Perahu Nelayan Diungsikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ombak besar yang melanda kawasan perairan laut utara Tuban mengakibatkan sebagian nelayan tidak melaut. Selain itu, sebagian besar nelayan di Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban mengungsikan perahunya di tempat yang lebih aman.

Salah satu nelayan di Desa Glondonggede Sulaiman, mengaku selain beberapa hari ini tidak melaut ia juga mengungsikan atau menempatkan perahunya di kawasan yang lebih aman, yaitu di luar Kecamatan.

"Sebagian besar perahu milik nelayan Desa Glondonggede diungsikan di Desa Mentoso, Kecamatan Jenu," kata Sulaiman Kepada blokTuban.com. Kamis (9/2/2017).

Sulaiman menambahkan, perahu-perahu tersebut diungsikan karena beberapa hari lalu ombak hampir sampai ke rumah warga. Sehingga, ditakutkan apabila tidak diungsikan di tempat yang lebih aman akan rusak terkena ombak.

Sementara itu, nelayan lain Darji (70), mengaku, meski ditempatkan di tempat yang lebih aman, tetapi setiap sore hari ia dan nelayan yang lain di Desa Glondonggede selalu memantau perahunya yang berjarak hingga sekitar 20 kilometer dari Desa Glondonggede itu.

"Setiap sore hari nelayan berangkat untuk memantau perahunya yang diungsikan," kata Darji. [hud/col]