Ratusan Pohon Rambutan Tumbuh di Dusun Lengki

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dusun Lengki, Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban merupakan salah satu dusun yang memiliki ratusan pohon rambutan jenis Binjai. Jumlah tersebut layak apabila dusun yang hanya memiliki jumlah 235 Kepala Keluarga (KK) itu dinamakan Kampung Rambutan.

Dari informasi yang duhimpun blokTuban.com, terdapat sekitar 100 KK di didusun tersebut memiliki tanaman pohon rambutan, setiap warga memiliki jumlah yang bermacam-macam. Namun dari hasil survey yang dilakukan oleh Kepala Dusun (Kadus) Lengki, setiap satu KK punya 1 pohon rambutan jenis binjai.

"Setiap pohon berada di pekarangan rumah masing-masing. Sementara ini di Dusun Lengki belum ada yang budidaya," ujar Kastur Kadua Lengki kepada blokTuban.com, Rabu (1/2/2017).

Masih kata Kastur, awalnya bibit rambutan jenis binjai yang manis ini diambil dari Kabupaten Blitar, dan setelah dicoba di dusun ini ternyata cocok. Lalu para warga ikut membeli bibitnya, disamping itu beberapa tahun lalu juga ada bantuan dari pemerintah bibit rambutan secara gratis.

"Bibit rambutan yang telah berbuah ini awalnya dari Kabupaten Blitar, dan bantuan dari pemerintah," tambahnya.

Terpisah salah satu pemilik pohon rambutan Darsam (64) mengaku dipekaranganya ada 12 pohon rambutan jenis binjai, setelah berumur beberapa tahun, perawatan yang dilakukan terkadang hanya melakukan penyemprotan hama, namun terkadang tidak pernah disemprot.

"Biasanya saat masih berbunga disemprot anti hama karena semutnya banyak, namun tahun ini tidak," tambah Darsam.[hud/ito]