Kendalikan Wereng, Petani di Sukorejo Lakukan Penyemprotan
Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - Berbagai macam cara untuk mengendalikan hama wereng pada tanaman padi dilakukan oleh para petani di Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Seperti halnya yang dilakukan oleh Kelompok Tani di desa tersebut.
 
Beberapa hari yang lalu, puluhan anggota Kelompok Tani 'Tani Mulyo' Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan melakukan penyemprotan massal tanaman padi. Terdapat sekitar kurang lebih 60 anggota kelompok tani tersebut melakukan penyemprotan tanaman padi seluas sekitar 60 hektare lebih.
 
"Penyemprotan massal ini bertujuan untuk mengendalikan hama wereng yang yang telah menyerang sebagian lahan di Desa Sukorejo," kata Poktan Tani Mulyo, Hariyanto.
 
Ia menambahkan sebelum dilakukan penyemptotan massal, lahan pertanian padi di Desa Sukorejo telah disurvei oleh Petugaa Pengamat Hama, dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pertanian Tuban.
 
"Obat-obatan yang digunakan adalah bantuan dari Dinas Pertanian," sambungnya.
 
Penyemprotan tersebut turut hadir juga Petugas Pengendali Hama, UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Parengan dan Babinsa Desa Sukorejo. Ditambahkan, dengan adanya, penyemprotan masal tersebut diharapkan hasil panen di Desa Sukorejo bisa panen maksimal.
 
"Diharapkan,  dengan adanya penyemptotan masal, hasil panen padi di Desa Sukorejo bisa tercapai maksimal," harap Hariyanto.[hud/col]