Lomba Cipta Puisi di Perpusda, Dorong Pelajar Aktif Berkunjung

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan pelajar dari jenjang SMP/MTs se-Kabupaten Tuban mengikuti lomba cipta karya puisi di Ruang Internet Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Daerah (Pemda) Tuban. Agenda yang berlangsung di jalan Sunan Kalijaga Tuban tersebut, digelar dalam rangka Hari Lahir (Harlah) Nadhatul Ulama' (NU) oleh IPNU ranting Penambangan, Kecamatan Semanding.

"Lomba ini sebagai kegiatan pra konferensi ranting, dengan tujuan meningkatkan pemahaman ajaran para wali NU di Kabupaten Tuban," ujar Ketua Ranting IPNU Penambangan, Semanding, M. Fendi Pradana Putra, Minggu (15/1/2017).

Disamping itu, Pelajar NU yang kerap disapa Fendi itu menuturkan, agenda tersebut guna mendorong peserta setelah lomba untuk rutin mengunjungi perpustakaan. Dengan begitu, pelajar Tuban bisa lebih memanfaatkan beragam buku bacaan yang tersedia.

"Harapannya para pelajar bisa menambah ilmu duniawi maupun agama," tegasnya.

Sementara ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Tuban, Sutrisno, mengapresiasi kegiatan lomba tersebut. Pihaknya bangga dengan Ranting IPNU Penambangan, pasalnya kerap membuat acara inovatif, dan apik dalam pengkaderannya.

Dia meminta kader NU lebih semangat, dan mampu bersaing dalam lomba apapun. Apalagi IPNU Cabang Tuban telah mendapatkan reword dari Pimpinan Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur sebagai IPNU yang melaksanakan pengkaderan terbaik dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

"Apresiasi ini harus menjadi motivasi bagi pejuang NU masa kini dan mendatang," ungkap Ketua Umum IPNU Tuban itu.

Sementara, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban, Imam, berharap setelah status perpustakaan berubah menjadi dinas, masyarakat lebih aktif mengontrol dan memberi masukan yang membangun, lebih luasnya kewenangan Dinas Perpustakaan ini, pihaknya akan berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Masukan dan saran dari publik penting untuk mengembangkan Perpustakaan," Imam mengharapkan.

Selaras perkembangan kemajuan zaman, lanjut Imam, generasi IPNU harus meningkatkan kapasitasnya, baik personal maupun program kegiatan.

Masih kata Imam, sampai saat ini sudah ada lima cabang perpustakaan. Di tahun 2017 rencananya ada penambahan 3 cabang perpustakaan baru. "Harapanya fasilitas Pemda ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh publik di masing-masing kecamatan," pungkasnya.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, lomba cipta puisi kali ini diikuti sekitar 30 pelajar dari berbagai utusan lembaga. Lomba cipta puisi ini juga langsung dinilai oleh juri yang kredibel. Pertama, Atik Suratani lulusan S2 UNISDA Lamongan, karyanya kumpulan cerpen berjudul kusimpan hatimu. Juri kedua Kumaidi juga menyelesaikan studi S2-nya di UNISDA, sejak tahun 2010 telah aktif menggeluti dunia sastra dan teater, saat ini dia aktif di komunitas sastra malam minggu Tuban. [rof/rom]