Di Grabagan KB MOP Belum Banyak Diminati

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Program Keluarga Berencana (KB) menggunakan kontrasepsi Metoda Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban masih belum banyak diminati oleh akseptor pria.

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com di Kantor Kecamatan Grabagan, peminat kontrasepsi dengan MOP hingga saat ini hanya ada empat orang.

"Selama ini akseptor kontrasepsi menggunakan MOP di Kecamatan Grabagan hanya ada empat orang, dari dua orang itu masih aktif sedangkan yang dua lagi telah push," ungkap Suyatning penyuluh KB Kecamatan Grabagan, Selasa (13/12/2016).

Minimnya akseptor KB dengan menggunakan kontrasepsi MOP itu disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya ialah, seorang pria takut apabila nanti jangka panjangnya tidak lagi seperti dulu, yang kedua takut apabila alat vitalnya tidak berfungsi lagi.

Ditegaskan, bahwa kontrasepsi dengan MOP tidak memiliki efek samping yang berkaitan disfungsi kelamin. Menurutnya, kontrasepsi dengan menggunakan MOP membuat keluarga akan lebih harmonis dan tidak
mempunyai efek yang berbahaya pada tubuh. "Dengan kontrasepsi menggunakan MOP, keluarga akan lebih harmonis," tambah Suyatning.[hud/lis]