Empat Program Strategis Penanggulangan Kemiskinan di Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban terus berupaya menekan angka kemiskinan di Bumi Wali. Dimana pada tahun 2011 terdapat 122.120 kepala keluarga (KK) yang perlu mendapat program perlindungan sosial.

Kabid Ekonomi Bapeda Tuban, Imron Achmadi mengungkapkan, pemerintah saat ini memiliki berbagai program penanggulangan kemiskinan yang diintegrasikan mulai dari penanggulangan kemiskinan berupa bantuan dan perlindungan sosial berbasis keluarga.

"Program tersebut dilakukan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin," terang Imron Achmadi saat menjadi nara sumber Peresmian Buku Corak Bumi Wali dan Sarasehan Peran Industri Bagi Usaha Kecil Masyarakat di gedung KSPKP Tuban yang digelar oleh media blokTuban.com, Selasa (30/11/2016) kemarin.

Selain itu lanjut pria yang akrab disapa Imron menambahkan, program penanggulangan kemiskinan juga berupa pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha mikro dan kecil, dan program murah untuk rakyat.

Menurutnya, empat strategi dasar diatas dalam menjalankan program tersebut, untuk meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin. Sedangkan pemberdayaan usaha kecil masyarakat dengan upaya meningkatkan tabungan dan menjamin keberlanjutan berusaha pelaku usaha mikro dan kecil.

"Sebagian juga dibantu pemerintah dengan memberikan program harga sangat murah, seperti rumah layak huni, pasar murah, dan desa model penanggulangan kemiskinan," pungkasnya.

Kemudian lanjutnya, agar penanggulangan kemiskinan berjalan sesuai arah kebijakan pemerintah, sinergis dan berkelanjutan, upayanya harus dilakukan secara terpadu.[rof/ito]