Dinsos: Kalis Tidak Diterima Keluarga, Akhirnya Kami Bawa Ke Panti

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kalis (48) pasien Penderita kejiwaan asal Dusun Tlogosangen RT.05/RW.05 Desa Temandang Kecamatan Merakurak meninggal dunia setelah menjalani perawatan.

Baca juga [Pasien RSJ Meninggal 2 Bulan, Keluarga Tidak Tahu]

Kalis sempat dirawat di RSJ Menur Surabaya pada 2 Mei 2016, dan pada 13 Juli akhirnya RSJ menetapkan Kalis sembuh.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnaker) Kabupaten Tuban, Nurjanah mengatakan, bahwa memang Kalis sebenarnya sudah dinyatakan sembuh oleh RS Menur, tetapi keluarga tidak mau menjemputnya.

"Keluarga tidak mau menjemput dan menerima kembali, bahkan Kalis juga sempat menginap sehari di kantor kami," ujar Nurjanah kepada blokTuban.com, Rabu (30/11/2016).

Dengan kondisi demikian, akhirnya Dinsosnakertrans harus mengambil langkah inisiatif untuk keberlangsungan Kalis. Sebab tidak mungkin Kalis dibiarkan terlantar.

"Kita akhirnya berkoordinasi dengan panti Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo," terangnya.

Koordinasi tentu saja berkaitan dengan penempatan Kalis, karena keluarga tidak mau menerima. Tidak mungkin juga Kalis dibiarkan berkeliaran tidak jelas, sebab negara punya tanggungjawab untuk itu.

"Kita memang menempatkan Kalis di PMKS Sidoarjo, tapi berkaitan dengan jenazah Kalis kita memang belum mengetahui. Kami akan coba berkoordinasi dengan PMKS Sidoarjo," pungkasnya. [nok/rom]

*Teks foto: Keluarga menunjukkan surat sembuh dari RS Menur untuk Kalis dan surat pernyataan dari perangkat setempat.