20 Persen Ibu Hamil di Tuban Berisiko Tinggi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Angka ibu hamil berisiko tinggi di Kabupaten Tuban mencapai 20 persen dari total jumlah ibu hamil di tahun 2016. Diketahui, hingga akhir Oktober 2016 Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat jumlah ibu hamil mencapai 17.909 orang. Kemudian ibu hamil yang tergolong dalam risiko tinggi sekitar 20 persen yakni sekitar 3.582.

"Mengukur keberhasilan pemerintah dalam Indikator Pembangunan Manusia (IPM) salah satunya adalah bidang kesehatan. Bidang kesehatan terdiri dari usia harapan hidup, keterkaitan bagaimana dan jumlah ibu hamil," kata Lulut Purwanto dalam Lanunching Balai Perempuan (BP) Pusat Informasi Pengaduan Advokasi (PIPA) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Rabu (16/11/2016).

Lulut menambahkan, penyebab ibu hamil berada pada risiko tinggi beberapa lantaran usia ibu hamil kurang dari 20 tahun. Namun bisa jadi usia ibu hamil lebih atau di atas 40 tahun dan bisa jadi lantaran memiliki penyakit penyerta.

"Risiko tinggi di Kabupaten Tuban cukup banyak. Dapat dikatakan seperlima ibu hamil bahkan berisiko tinggi," ujar Lulut.

Sementara itu dikatakan kehamilan yang dikatakan berisiko tinggi merupakan kehamilan yang memiliki risiko atau bahaya yang lebih besar pada waktu kehamilan maupun persalinan bila dibandingkan dengan ibu hamil yang normal.[dwi/col]