Masyarakat Lakukan Bersih Bendung Gerak di Widang

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka gerakan nasional pengurangan dampak atau bencana dari resiko bencana akibat luapan sungai, masnyarakat bersama Badan Penanggulanagn Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membersihkan sungai di Bendungan Gerak, Desa Simorejo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Selasa (25/10/2016).

Dalam keterangannya, Plt BPBD Tuban Joko Ludiyono mengatakan masnyarakat dalam hal ini, memiliki peranan dan kapasitas meminimalisir bencana. Turut serta segenap masyarakat diharapkan mampu menggerakan kebersihan di lingkungan sekitar.

"Pembersihan dilakukan di Desa Simorejo karena wliyah memiliki aliran sungai rendah dari seluruh wilayah di Kabupaten Tuban," kata Joko Ludiyono

Diketahui selama ini, aliran sungai Bengawan Solo yang melewati wilayah Kabupaten Tuban memiliki titik temu di beberapa kecamatan. Titik pertemuan aliran sungai di antaranya berada di Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang dan Widang.

Salama aliran mengalami hambatan, lanjut Joko perlu ditumbuhkan rasa mecintai kebersihan sungai. Kemudian diharapkan dengan adanya aksi dapat mengurangi dampak resiko yang dapat menimbulkan kerugian.

"Tanggungjawab dan kecintaan lingkungan dapat dilihat dari sejauh mana masyarakat menjaga (kebersihan, red) sungai," kata Joko menambahkan.[dwi/ito]