Di Soko, 22% Warga Menikah di Bawah Usia 20 Tahun

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pernikahan yang terjadi di Kecamatan Soko pada usia di bawah 20 tahun rata-rata tiap tahun mencapai 22% (persen). Hal tersebut diklaim tidak sesuai dengan ketentuan program Generasi Berencana (GenRe).

Sesuai program GenRe yang diusung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) usia ideal pernikahan berbeda dengan yang ditetapkan perundangan. Jika dalam perundangan dikatakan usia minimal perempuan 16 tahun dan laki-laki 19 tahun, pada program GenRe perempuan usia ideal menikah minimal 21 tahun dan laki-laki minimal 25 tahun.

"Program GenRe adalah upaya untuk meningkatkan usia pernikahan pertama," kata Koordinator Penyuluhan Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Soko, Suwito kepada blokTuban.com.

Menurut laporan, lanjut Suwito, pernikahan di bawah 20 tahun mencapai 22 hingga 24 persen. Rata-rata satu tahun dari 600 hingga 800 pernikahan di Soko, jumlah pernikahan di bawah usia ideal nikah program GenRe di atas 20 persen.

"Intinya GenRe diarahkan pada Pusat Informasi Konseling Remaja dan penundaan usia perkawinan," ujar Suwito menambahkan. [dwi/rom]