Kepadatan Pasar Menjelang Lebaran, Berkah Tukang Becak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa hari menjelang lebaran, menyebabkan kepadatan para masyarakat untuk melakukan jual beli dipasar tradisional mengalami peningkatan, seperti halnya dipasar Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban hal tersebut menjadi berkah tersendiri para Tukang Becak maupun Becak Motor.

Puluhan tukang becak yang biasa mangkal di pasar Desa Montongsekar, akhir-akhir ini mendapatkan penghasilan yang lumayan banyak dengan peningkatan pendapatan naik hingga 50 persen lebih.

"Semenjak malem 21 puasa penumpang mulai padat, dan setiap kali pasaran saya mangkal hingga sore hari, selain menunggu para para pembeli saya juga menunggu para penjual yang sudah menjadi langganan," ungkap Nurdi (48) kepada blokTuban.com, Sabtu (2/7/2016).

Tukang becak yang lain Nursyahid mengaku, dalam sehari yang biasanya hanya mengangkut penumpang tiga sampai empat kali, akhir-akhir ini ia bisa mengangkut penumpang sekitar enam sampai delapan kali hingga pukul 14.00 WIB.

"Dengan penumpang yang begitu banyak, dalam sehari saya bisa mendapatkan hasil hingga Rp60 ribu hingga Rp70 ribu" tutur Syahid.

Tukang becak tidak membandrol upah untuk sekali mengangkut penumpang, namun itu sesuai pantasnya para penumpang memberikan upah, terkadang menempuh jarak tiga kilometer penumpang memberi upah Rp5000.[hud/ito]