Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kecamatan Bancar menjadi kecamatan yang paling beruntung di tahun ini, sebab diantara lima kecamatan yang berada diwilayah pesisir Kabupaten Tuban, hanya kecamatan tersebutlah yang mendapatkan program Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan (Sehat).

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, ada empat desa di Kecamatan Bancar yang mendapatkan program Sehat tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto, mengatakan program sehat adalah program untuk membantu mengatasi masalah perekonomian nelayan kecil. Biasanya digunakan saat nelayan mendapatkan masalah perekonomian. Untuk Kecamatan Bancar, yang mendapatkan bantuan adalah Desa Banjarjo, Bulu meduro, Bulu jowo dan yang terakhir Boncong.

"Di tahun ini kita fokus di Kecamatan Bancar, empat desa yang mendapatkan bantuan Sehat, bentuknya adalah tanah nelayan yang belum terbit sertifikat disertifikatkan melalui program tersebut," terang Sunarto kepada blokTuban.com, Rabu, (1/6/2016)

Dia juga menjelaskan, bahwa dengan adanya sertifikat itu nantinya akan memudahkan nelayan untuk mencari solusi apabila terkendala permodalan.

"Jika sudah terbit sertifikat atas tanahnya, maka bisa dijadikan jaminan seperti di bank untuk meminjam modal," ujar Sunarto.

Menurutnya, saat ini nelayan kecil sangat memerlukan bantuan modal apabila terkendala masalah keuangan yang tentunya akan mempengaruhi usaha nelayannya.

"Dengan adanya program Sehat ini tentunya menjadi harapan bersama agar nasib nelayan semakin membaik, tidak ada lagi keluh nelayan terhadap modal," pungkasnya. [nok/col]