Sore Ini, Tuban Bagian Utara Berpeluang Hujan Lebat

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Mendung menggelayut di langit Tuban sejak siang ini, Jumat (27/5/2016). Bahkan di beberapa wilayah, angin kencang disertai rintik hujan juga sudah melanda Kabupaten Tuban. Perubahan cuaca ini cukup drastis, mengingat pada pagi tadi cuaca cukup cerah.

Menurut prakiraan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), di kawasan Kabupaten Tuban akan mengalami hujan dengan intensitas cukup lebat. Terjadi selama beberapa jam ke depan, dan hujan turun di bagian wilayah utara Tuban.

"Dari wilayah Kecamatan Palang sampai Kecamatan Bancar, menurut BMKG diperkirakan mempunyai potensi hujan lebat," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, kepada blokTuban.com.

Hari ini, ada gumpalan awan Cumulonimbus (CB), di atas langit Tuban. Diketahui, CB merupakan awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat dan terlibat dalam badai petir serta cuaca dingin lainnya. Awan ini terbentuk sebagai hasil ketidakstabilan atmosfer. Awan CB inilah yang berpotensi menimbulkan hujan lebat.

"Prediksi mendekati akurasi adalah lima jam, untuk waktu 1x24 jam (hari ini)," kata Joko, menerangkan lama hujan lebat yang melanda kawasan utara Kabupaten Tuban. [pur/rom]