Swasembada Daging, Dispertan Adakan Kontes Hewan Ternak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Guna meningkatkan swasembada daging, Dinas Peternakan dan Pertanian (Dispertan) Kabupaten Tuban mengadakan kontes hewan ternak di Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Rabu (25/5/2016).

Diketahui, kontes ternak yang berlangsung di tanah lapang desa setempat sejak pagi sudah dipadati ratusan peserta. Peserta kontes ternak hewan sapi mencapai 145 ekor dan 25 kambing.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pipin Diah Larasati mengatakan, kontes kali ketiga yang diadakan ini bertujuan memotivasi peternak. Selain itu, pihaknya berusaha menyosialisasikan pentingnya beternak sapi.

“Karena sekarang harapan kita, ternak sapi bukan hanya sebagai usah sampingan. Melainkan, mampu menghasilkan dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” kata Pipin begitu ia kerap disapa.

Sejauh ini, Tuban yang mendapat predikat kedua se-Jawa Timur dalam swasembada daging perlu ditingkatkan, salah satunya melalui kontes ternak yang dapat mendongkrak semangat masyarakat berjiwa peternak.

Hewan ternak yang dikonteskan kali ini didominasi jenis Peranakan Ongole (PO). Terbukti, pada sapi tampak berbadan panjang dengan leher terbilang pendek. Sedangkan bagian kepala bagian depan lebar di antara kedua mata.[dwi/col]