Tak Ada Petunjuk, Tim SAR Hentikan Pencarian

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tim Search And Rescue (SAR) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, TNI-Polri, dan juga dari organisasi pecinta alam di Tuban menghentikan sementara pencarian Pujiono (38), warga Desa Kayen, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, yang hilang di hutan ketika mencari belalang.

Diketahui, korban sudah menghilang 7 hari. Dia berangkat dari rumah pada Minggu (15/5/2016) malam silam. Berangkat bersama beberapa temannya mencari belalang. Ketika waktunya pulang, teman-temannya tidak mendapati pria tersebut dan sempat langsung melakukan pencarian. Tapi tidak membuahkan hasil dan kemudian melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib.

Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiyono, mengatakan kalau selama pencarian lebih dari lima hari tidak didapati tanda-tanda ataupun petunjuk keberadaan korban. "Sehingga berdasarkan kesepakatan anggota pencarian yang terlibat, pencarian kita hentikan dulu sementara mulai hari ini," kata Joko, Senin (23/5/2016).

Penghentian pencarian untuk sementara, juga sudah diatur di PP 36 tahun 2006 tentang Pencarian dan Pertolongan.

Joko menjelaskan, pencarian sudah dilakukan selama 7 hari. Dengan radius jelajah pencarian sampai 10 kilometer. Pencarian bisa dilanjutkan kembali, apabila ada informasi baru atau indikasi diketemukannya keberadaan dan lokasi korban.

"Kita sudah kordinasikan penghentian sementara ke Kepala Desa dan juga keluarga korban. Kalau ada petunjuk keberadaan korban yang baru, kita akan buka lagi operasi pencarian dengan korban dalam kondisi apapun," kata Joko. [pur/ito]