90 Peserta Ikuti Temu Usaha Pasar Lelang Komoditi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) mengagendakan temu pasar lelang komoditi, Selasa (17/5/2016).

Lelang kali ini sedikitnya tercatat ada 90 peserta, yang sebelumnya diperkirakan jumlah peserta mencapai 70. Dimana 60 peserta dari Tuban, 5 dari Bojonegoro dan 5 dari Lamongan. Sementara itu, peserta tambahan sejumlah 20 peserta diantaranya datang dari Surabaya.

"Keberadaan Disperpar di sini guna mengawal transaksi. Jangan sampai tidak sesuai realisasi," kata Kepala Disperpar, Farid Achmadi.

Sejumlah komoditi ditampilkan dalam podium pasar lelang tersebut. Diantaranya kebutuhan pokok seperti beras dan telur. Kemudian terdapat pula bawang merah, jagung, srikaya jumbo dan komoditi olahan seperti daging nabati kemasan, keripilk dan lain-lain.

Produk komoditi didatangkan langsung oleh produsen dan petani. Sementara itu, penjual berdatangan dari luar kota seperti Surabaya dan beberapa kelompok pengusaha dan produsen turut hadir dalam pasar lelang yang bertempat di Rest Area Tuban.

Pasar lelang menjadi sebuah ajang mempertemukan langsung penjual dan pembeli. Kegiatan negosiasi harga dilakukan di tempat dan bertatap muka langsung. [dwi/rom]