Waspada. Gelombang Laut Tuban Capai 3,5 Meter

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Gelombang tinggi dan angin kencang terjadi di laut utara, termasuk di kawasan laut utara Kabupaten Tuban. Keadaan ini, diprediksi akan berlangsung selama dua hari ke depan.

Tingginya gelombang, tampaknya membuat nelayan Kabupaten Tuban gentar. Pantauan blokTuban.com, Sabtu (14/5/2016), cukup banyak perahu milik nelayan yang tertambat di pantai. "Anginnya kencang, tidak berani ke tengah," kata Warsidi, nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, membenarkan kondisi laut utara sekarang di atas kondisi normal. Ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 3,5 meter, padahal kondisi normal tinggi gelombang di Tuban maksimal hanya 2 meter.

"Kondisi ini tentu beresiko bagi nelayan kita," kata Joko Ludiyono kepada blokTuban.com.

Sebabnya, kemampuan berlayar nelayan di Tuban di bawah 3 meter. Bahkan, untuk perahu kecil gelombang dengan ketinggian 2 meter saja cukup membahayakan.

Informasi yang diterima BPBD Tuban, gelombang tinggi di laut utara akan terjadi mulai hari ini, sampai hari Minggu (14/5/2016) besok. Dia mengimbau kepada masyarakat, khususnya nelayan, agar berhati-hati ketika beraktivitas di laut.

"Sekarang di pantai ombaknya saja terlihat lumayan tinggi, kalau di tengah laut ombaknya bisa lebih besar lagi," tandas Joko. [pur/rom]