Srikaya Puthuk, Buah Legit dari Bektiharjo

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Bumi wali, sebutan Kabupaten Tuban, menyimpan banyak potensi Agrobisnis. Salah satunya adalah Srikaya Puthuk, yang berada di Dusun Krajan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Tanah berbatu dan berada di wilayah pegunungan kapur, merupakan lokasi yang cocok tumbuhnya pohon Srikaya. Tanah berbatu inilah, yang mendominasi tanah di Desa Bektiharjo, sehingga ribuan pohon tumbuh di tempat ini.

"Yang paling bagus adalah Srikaya Puthuk, buahnya lebih besar dan rasanya sangat manis," jelas Kepala Desa Bektiharjo, Rastu, kepada blokTuban.com, Sabtu (19/3/2016).

Srikaya Puthuk, diambil dari nama pedukuhan tempat buah ini tumbuh. Data terakhir yang ada, sekitar 600 Kepala Keluarga (KK) di Dukuh Puthuk, Dusun Krajan, yang mempunyai tanaman ini. Angka ini belum termasuk pemilik Srikaya di dusun lain yang ada di Desa Bektiharjo.

"Ada yang di tanam di ladang, dan juga ada yang di halaman rumah," jelas Rastu.

Salah satu pemilik buah Srikaya Puthuk, Eko Maskartulik, menerangkan perawatan Srikaya sangat mudah dan tidak membutuhkan obat kimia. Warga hanya perlu memberi pupuk kandang sekitar satu tahun sekali.

"Panen setahun dua kali, rata-rata di atas 3 juta keuntungannya dari panen 600 pohon," kata Eko menerangkan. [pur/ito]