Kenalkan Klenteng di Raka-Raki Jatim 2016

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam ajang pemilihan duta wisata Jawa Timur Raka Raki 2016, persiapan materi untuk sesi presentasi wisata daerah asal, tengah dipersiapkan. Tak terkecuali Cung sebagai duta wisata Tuban.

Diketahui perwakilan Cung-Ndhuk Tuban terdapat dua nama yang diajukan pada kontes kali ini. Yaitu Cung diwakili oleh wakil 1 Cung 2014, Lukmanul Hakim dan Nduk diwakili oleh peraih Nduk Intelegencia 2014, Elsa Nandha Prahesti.

"Dalam sesi presentasi nanti, saya akan menampilkan Klenteng Kwan Sin Bio sebagai wisata religi daerah. Bahwa Tuban memiliki toleransi agama selain islam," kata Lukman, kepada blokTuban.com.

Klenteng yang diklaim sebagai klenteng terbesar di Asia Tenggara ini, menurut Lukman memiliki keunikan tersendiri. Selain menghadap langsung ke pantai utara, klenteng merupakan simbol toleransi umat beragama di Kabupaten Tuban.

Tempat peribadatan umat Tionghoa ini berada di Jalan RE Martadinata, yang merupakan jalur Pantai Utara (Pantura). Lalu lalang lalulintas menjadikan lokasi klenteng cukup strategis untuk dapat disinggahi oleh pengguna jalan yang melintasi Pantura Tuban.

"Untuk warga Tuban saya harapkan doa dan dukungannya. Bisa mendukung dengan mengirim pesan, ketik: DWJ RAKA KAB TUBAN atau DWJ RAKI KAB TUBAN dan dikirim ke 99333," kata mahasiswa semester 6 Surya University itu berharap. [dwi/rom]