Harga Ayam Pedaging Alami Kenaikan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Melonjaknya harga kebutuhan pokok bumbu dapur pada akhir-akhir ini juga diikuti oleh naiknya harga ayam pedaging di pasar tradisional Pasar Baru Tuban, hal tersebut berlaku bagi ayam potong dan ayam horen.

Seorang pedagang, Kartini mengatakan, bahwa harga ayam ini juga mengalami kenaikan, baik ayam potong ataupun horen, kenaikan dipicu oleh beberapa faktor seperti diantaranya susahnya pasokan ayam, sehingga mempengaruhi harga jual.

"Untuk ayam potong kemarin harganya sekitar 25 ribu, sekarang sudah mencapai 30 ribu per kilogram," kata Kartini kepada blokTuban.com

Pedagang lain, Ningsih juga mengatakan hal senada, harga ayam pedaging baik Ayam potong dan ayam horen kemarin berkisar Rp25 ribu, sekarang harganya sudah sampai pada kisaran Rp.28 sampai 30 ribu per kilogram.

"Saya juga hanya mengikuti pasar saja, jika naik juga pastinya naik, karena pedagang juga tidak mau rugi," jelasnya.

Diketahui, bahwa kenaikan yang terjadi pada ayam pedaging tersebut tidak semuanya dipatok dengan harga yang sama antara pedagang satu dengan yang lain, namun setiap pedagang mempunyai ketentuan sendiri dalam menyesuaikan harga. [nok/ito]