16:00 . Dandim Tuban Tanam Pohon di Kawasan Air Terjun Nglirip   |   15:00 . Meski Dihimpit Pandemi, Capaian BAZNAS Tuban Lampaui Target   |   14:00 . Anggota DPRD di Tuban Mengecat Lubang Jalan yang Bahayakan Pengendara   |   13:00 . Unirow Tuban Peringkat 154 dari 2.136 Perguruan Tinggi se-Indonesia   |   12:00 . Hindari Tumpahan Kalsium di Jalur Pantura, Pengendara Motor Jatuh   |   10:00 . Inilah Kriteria Orang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Gaya Belajar Anak!   |   17:00 . KPU Tuban Tetapkan Lindra-Riyadi Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih   |   11:00 . Terapkan Sistem Tiket, Rumah Persinggahan Gelar Pameran Seni Rupa   |   10:00 . Satgas Covid-19 Tuban Minta Warga Batalkan Gelar Acara Hiburan   |   09:00 . Pencarian Korb4n H4nyut di Sungai Avur Desa Cendoro   |   08:00 . Hilang 3 Hari, Korban Hanyut Avour Suru Terapung di Jembatan Glodok   |   07:00 . Bantu Menstruasi Lebih lancar, Konsumsilah 5 Makanan Ini Secara Teratur   |   17:00 . Tinjau Tanggul Embung Jebol di Plumpang, BPBD: Penanganan Darurat Akan Dilakukan   |   15:00 . Perubahan Tata Ruang Wilayah Picu Banjir di Tuban   |  
Sat, 23 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sulak Ravia Desa Tanjungrejo, Tembus Pasar Luar Kota

bloktuban.com | Sunday, 13 March 2016 08:00

Sulak Ravia Desa Tanjungrejo, Tembus Pasar Luar Kota

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Perajin Sulak/Kemoceng berbahan ravia saat ini akan sulit kita temui, pasalnya pembuatan sulak membutuhkan ketelatenan dan waktu yang cukup lama. Sehingga banyak masyarakat yang mempunyai keterampilan membuat alat bersih-bersih tersebut namun tidak berlangsung lama dan gulung tikar.

Namun hal ini berbeda dengan salah satu warga yang berada di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Dengan alat yang dimodifikasi sendiri warga Desa Tanjungrejo ini dapat mendapatkan pundi-pundi uang.

"Alat-alat ini rancangan saya sendiri, awalnya sebelum mendapatkan ide membuat alat ini saya hanya menghasilkan antara dua smpai tiga buah sulak," terang Lasito (36) kepada blokTuban.com, Sabtu (12/3/2016).

Setelah lama berlalu sejak memulai membuat sulak sekitar tahun 2010, ia merancang alat sendiri agar pembuatan sulaknya tidak memakan waktu yang lama.

Lasito menambahkan, setelah membuat alat yang diinginkan dan dirasa pembuatan sulak semakin cepat, kini ia dan istrinya dapat membuat sulak hingga lebih dari 10 buah setiap hari.
"Setiap hari saya bersama istri bisa membuat hingga 10 buah sulak, kadang juga lebih," sambungnya.

Karena tidak memiliki lahan pertanian, selain kesibukan sehari-harinya membuat sulak suami dari Musyarofah ini juga bekerja sebagai buruh tani. Untuk pembuatan sulak yang berbahan ravia ini Lasito mendapatkan bahan dari Kabupaten Bojonegoro, seperti ravia, dan rotan sebagai tangkainya.

Masih kata Lasito, saat ini pemasaran sulak yang dibuatnya sudah mencapai Pasar Rengel, Tuban bahkan Sampai Bojonegoro. Setiap satu sulak ia memahar harga Rp10.000. "Dari pasar-pasar tersebut dalam sebulan sulak yang saya buat bisa habis hingga 150-200 buah," pungkas Lasito.[hud/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : sulak, perajin, desa



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more