Ini Dua Pekerjaan Dominan Warga Kesamben

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejauh ini, terdapat dua pekerjaan yang dominan di kalangan warga Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang. Yakni petani atau buruh tani dan pekerja batu kapur atau batu kumbung untuk diproses menjadi batu gamping.

"Secara garis besar pekerjaan warga sekitar dibagi menjadi dua atau 50:50. Sebagian bekerja sebagai petani dan pekerja batu gamping," kata Kepala Desa Kesamben, M Taqim kepada blokTuban.com.

Data yang dihimpun bloktuban.com menyebutkan, jumlah penduduk desa yang masyhur akan makanan Dumbeg ini sebanyak 5.466. Sedangkan luas wilayah 6.61 kilometer persegi dengan tingkat kepadatan rata-rata mencapai 828.

Seperti diberitakan sebelumnya lebih dari 30 pabrik batu didirikan di desa tersebut. Jumlah pabrik yang terdata atau yang memiliki izin pendirian baru 30 persen sejauh ini.

"Untuk pengurusan izin sebisa mungkin kami dorong untuk mengurusnya. Namun sebagian besar masih belum mengindahkan. Akan tetapi saya berharap lambat laun masyarakat akan segera mejalankan peraturan pendirian pabrik batu kapur," ungkap M Taqim menambahkan. [dwi/ito]