Kilang Baru, Pemkab Berharap Efek Positif

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berharap efek positif dari keberadaan kilang minyak baru yang akan dibangun di kawasan Kecamatan Jenu.

"Ada kilang minyak baru, tentu kita berharap efek positif bisa dirasakan Pemkab Tuban ataupun pemerintah," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana, kepada blokTuban.com, Sabtu (12/3/2016).

Beberapa efek positif yang diharapkan Pemkab Tuban adalah penyediaan tenaga kerja lokal, baik pra-proyek ketika pembangunan, maupun pasca proyek pembangunan kilang minyak dilakukan.

"Bahkan ketika kilang ini beroperasi, sebisa mungkin yang bekerja di sana adalah putra-putri Bumi Wali," kata Budi Wiyana.

Efek lain adalah pengaruh positif untuk warga ring 1 kilang minyak ini. Diantaranya potensi pekerjaan yang bisa dilakukan lokal, serta berharap terbukanya kran ekonomi yang melibatkan masyarakat sekitar.

"Multiplayer effect yang perlu dirasakan masyarakat sekitar. Kita juga perlu menyiapkan kemampuan warga kita," jelas Budi Wiyana.

Diketahui, pemerintah pusat berencana membuat kilang untuk pengolahan minyak mentah di Tuban. Tepatnya di lahan milik pemerintah pusat seluas 360 hektar yang berada di dekat PT Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, dan juga lahan milik PT Pertamina (Persero) seluas 80 hektar yang ada di sisi timur PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI) di Desa Remen Kecamatan Jenu. [pur/rom]