Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Tampaknya kemacetan pelelangan yang terjadi di TPI Bulu ini telah dipelajari oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim. Sebab, sejak tiga bulan pertama pelelangan lancar setelah itu pelelangan telah berhenti sehingga mengakibatkan nelayan enggan untuk melakukan pelelangan di TPI Bulu lagi.

Kasubag TU UPT Pelabuhan dan Perikanan Bulu Tuban, Hadi Iswanto mengatakan, kemacetan atau berhentinya pelelangan ini sudah menjadi pelajaran bagi instansinya dan sudah diketahui penyebabnya. Karena itu, akan dilakukan beberapa langkah untuk mencari solusi.

"Saat ini sudah dibuatkan pagar di lokasi pelelangan, dengan tujuan agar pelelangan tidak carut marut dan bisa dikondisikan oleh petugas pelelangan di dalamnya," terang Iswanto kepada blokTuban.com

Hadi Iswanto menambahkan, selain dibuatkan pagar di area pelelangan, kerja sama juga akan dilakukan dengan instansi pendukung seperti Polisi, Satpol PP, dan TNI. Hal tersebut menjadi evaluasi sebab selama tiga bulan pertama lelang lancar karena Ketiga pilar tersebut turut hadir ikut menyukseskan dengan memberi pengarahan kepada nelayan dan tengkulak.

"Semoga saja solusi ini bisa berjalan dengan baik dan segera dirasakan manfaatnya bagi para nelayan," pungkasnya.

Saat disinggung mengenai tengkulak yang nakal, pria yang bekerja sebagai Pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur mengatakan, untuk masalah itu sudah dibahas dan dicarikan solusi untuk menanggulanginya. [nok/col]