Pemprov Sumbang Dana Hibah 3 M untuk Pendidikan Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur memberikan bantuan pendidikan, berupa dana hibah untuk Kabupaten Tuban senilai 3 miliar lebih, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Timur. Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemprov Jawa Timur dalam meningkatkan mutu atau kualitas anak didik yang ada di Kabupaten Tuban, agar tingkat Sumber Daya Manusianya (SDM) kelak lebih baik, dan mampu membawa perubahan di Tuban.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno mengatakan, bahwa memang Pemerintah Provinsi Jawa Timur di tahun 2016 ini, mengalokasikan bantuan pendidikan atau dana hibah untuk pendidikan di Kabupaten Tuban senilai Rp3,07 miliar per tahunnya, dana tersebut tentunya tidak sedikit dan harus dimanfaatkan dengan baik.

"Dana hibah tersebut adalah untuk siswa SD/SMP Swasta dan MI/MTS Swasta, bukan untuk sekolah negeri," terangnya kepada blokTuban.com

Lanjut Sutrisno menambahkan, untuk prosedur pembagiannya dari Disdikpora akan berkordinasi dengan pihak SD/SMP atau MI/MTS, untuk membahas anggaran ini agar terserap dengan baik dan bisa dimanfaatkan bagi keluarga yang ekonominya lemah atau kurang baik.

"Sifat dari bantuan dana hibah Pemprov ini sama dengan bentuk bantuan pemerintah lainnya, hanya 1 tahun sekali karena masuk dalam APBD Provinsi Jawa Timur, semoga bantuan dari Pemprov ini bisa bermanfaat dan menunjang prestasi siswa," pungkasnya. [nok/rom]