Goa Srunggo, Destinasi Wisata Desa Tuwiriwetan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Goa Srunggo yang berada di Desa Tuwiriwetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban merupakan destinasi wisata si Kabupaten Tuban.

Goa yang letaknya sekitar 11 Km dari pusat kota Tuban tersebut mempunyai beberapa keunikan, di antaranya terdapat sumber mata air yang berada di dalam goa dan terdapat pula ikan-ikan yang besar. Selain itu,
Letaknya yang berada di tengah-tengah ladang petani menambah udara kesejukan yang berada di sana.

Warga sekitar Muhammad (46) mengatakan goa srunggo tersebut sering dikunjungi kawula muda dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban. Walaupun pengunjung tidak banyak, namun sering dikunjungi untuk sekedar berfoto dan menikmati pemandangan yang rindang.

"Tiap hari minggu atau hari libur kadang juga ada yang mengunjungi untuk melihat pemandangan dan berfoto-foto," ujar Muhammad kepada blokTuban.com.

Selain Goa Srunggo, sekitar 100 meter terdapat juga makom Mbah Rifa'i yang konon katanya warga sekitar merupakan tokoh masyarakat yang sangat disegani dalam menyiarkan agama islam.

"Setiap tahun, makam tersebut diadakan haul oleh Remaja Masjid (remas) dan seluruh warga sekitar," pungkasnya Muhammad. [hud/ito]