KUA Tambakboyo: No Pungli, No Gratifikasi, Just Integrity

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pelayanan publik yang bersih tanpa korupsi, tampaknya masih menjadi hal asing dijumpai. Tapi, pelayan masyarakat yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA) Tambakboyo justru berani mendeklarasikan hal ini.

Informasi yang diterima blokTuban.com, petugas dari KUA Tambakboyo bahkan membagikan beberapa kaos sebagai cinderamata untuk membuktikan komitmen ini. Kaos putih berkerah ini cukup menarik, karena dibelakangnya bertulis No Pungli, No Gratifikasi, dan Just Integrity.

"Kita komitmen seperti tulisan yang ada di kaos. No Pungli, No Gratifikasi, Just Integrity," terang Kepala KUA Tambakboyo, Nurul Yaqin Anas, kepada blokTuban.com, Jumat (18/12/2015).

Anas menjelaskan, KUA Tambakboyo ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa berbayar, apalagi pungutan liar dan gratifikasi. Termasuk gratis untuk urusan nikah di KUA. Kecuali, apabila pernikahan itu dilaksanakan di rumah atau di luar KUA yang memang dasar peraturannya sudah jelas.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk ikut mengawasi dan berani mengingatkan, apabila masih ada pungli di wilayah KUA Tambakboyo," terang Anas.

Adanya kaos ini, disebut sebagai bukti kalau KUA Tambakboyo telah menerapkan zona integritas. Sebagaimana program dari Kemenag pusat untuk diterapkan di semua elemen Kemenag sampai tingkat daerah.

"Visinya adalah pelayanan KUA yang bersih dan melayani," tandasnya. [pur/rom]