Gelombang Tinggi Seret Kapal Batubara Ke Pantai

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Cuaca buruk disertai gelombang tinggi yang terjadi di wilayah laut utara, membuat sebuah kapal tag boad (penarik) beserta tongkang batu bara terseret sampai ke bibir pantai.

Kandasnya kapal ini ada di Desa Sobontoro, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Saat ini, kapal yang bernama 'Lintas Segara 9' tersebut menjadi tontonan warga sekitar.

Salah satu Anak Buah Kapal (ABK) Lintas Segara 9, Nasihin, menjelaskan kapal ini berasal dari pelabuhan Jepara menuju pelabuhan Gresik. Tapi saat melintas di laut utara Tuban, cuaca buruk dan gelombang tinggi menerjang kapal ini.

"Kita sudah berusaha stag mesin tapi tidak cukup, lantaran gelombang sampai 5 meter dan cuaca sangat buruk," jelas Nasihin, Jumat (18/12/2015).

Meski kosong tanpa muatan, ABK yang ada di dalam kapal ini ada 10 orang. Saat kapal terseret ke pinggir, mereka berusaha melabuhkan jangkar agar kapal besar ini tidak kandas.

"Tapi usaha kami tidak berhasil, sehingga kapal sampai ke pinggir pantai ini," kata Nasihin.

Beruntung semua awak kapal selamat. Mereka mengaku masih menunggu air pasang agar kapal bisa dievakuasi dan ditarik ke tengah laut. [pur/rom]