19:00 . MPC Pemuda Pancasila Tuban Siap Kawal Pemungutan Suara   |   15:00 . Hujan Deras 9 Desa di 3 Kecamatan Banjir   |   12:00 . Ajak Warga Singgahan Disiplin Terapkan Pola Hidup Baru   |   09:00 . Operasi Sukowati Field Menuju Zero Emisi   |   07:00 . 10 Tips Menggunakan Media Sosial Saat Melamar Pekerjaan   |   22:00 . Amsi Kembali Gelar Indonesian Digital Conference 2020.   |   18:00 . Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 0811 Gelar Donor Darah   |   17:00 . Panyuran Diterjang Banjir, Warga Pasang Sak Pasir Halau Air   |   16:00 . Jelang Pilkada, Kapolres Tuban Tinjau Kesiapan Personel   |   15:00 . BPS Deklarasikan Zona Integritas WBK   |   10:00 . Awal Desember, Jumlah Terkonfirmasi Positif di Tuban Capai 22 Orang   |   09:00 . Erupsi Semeru, Bright Gas Hadir di Dapur Umum Dinsos Lumajang   |   08:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   07:00 . Hindari, 14 Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Menghambat Karier   |   18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |  
Sat, 05 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 16 December 2015 22:00

Pengerjaan Belum Selesai, Drainase Dibiarkan Terbengkalai

Pengerjaan Belum Selesai, Drainase Dibiarkan Terbengkalai

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Pembangunan drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) di Dusun Koro, Desa Pong pongan, Kecamatan Merakurak terlihat belum selesai dikerjakan. Namun dibalik kondisi pekerjaan yang belum selesai tersebut, ternyata ada kabar tak mengenakkan yang diterima oleh warga, bahwa bangunan tersebut sudah selesai dalam pengerjaannya, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan di warga atas pengerjaan drainase tersebut.

Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pong pongan, Tabah Ali, mengatakan bahwa proyek pembangunan drainase ini memang aneh, dari awal masuk saja sudah tidak ada koordinasi dengan pihak Desa Pong pongan. Bahkan sejak awal kedatangan, dari pihak PU sudah ada beberapa orang bertubuh besar yang diduga preman, dengan tujuan untuk mengkondisikan warga yang masih melakukan penolakan. Karena saat pembangunan drainase tersebut banyak warga yang tidak setuju.

"Akibat adanya pembangunan drainase ini, pipa saluran air milik Himpunan Perusahaan Air Minum (HIPAM) Desa Pong pongan banyak yang rusak, karena banyak yang bocor, akibat pemindahan pipa yang ada di dalam tanah dengan seenaknya,'' imbuhnya kepada blokTuban.

Lebih lanjut Tabah Ali, Warga banyak yang mengeluhkan pembangunan drainase yang dilakukan oleh PT. Timbul Jaya ini, pasalnya bangunan drainase tersebut terlihat sekali belum selesai pengerjaanya, serta belum ada pondasi yang menahan dari tekanan tanah dekat bangunan drainase tersebut, dan drainase juga tidak ada tutupnya.

"Sehingga sangat membahayakan bagi pengguna jalan, terlebih pada saat malam hari, karena di jalan tersebut tidak ada penerangan" jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Karang Taruna Desa Pong pongan, Muhammad Arifin, pembangunan drainase ini perlu dipertanyakan. Sejauh mana penilaian proyek ini dikatakan selesai, jika pada posisi di lapangan ternyata sangat jauh dari kelayakan.

"Apalagi mandor proyek juga sudah meninggalkan lokasi, dan bangunan drainase dibiarkan begitu saja tanpa memikirkan bahayanya bagi pengguna jalan" terang ketua Kartar kepada blokTuban.com.

Bahkan akibat bangunan drainase tersebut, lanjut Arifin, mengakibatkan pipa air milik Hipam rusak, karena dipindahkan begitu saja dan dibiarkan. Sehingga para pengurus Hipam harus memperbaiki pipa tersebut dengan iuran.

"Sampai saat ini biaya perbaikan sudah mencapai 4 juta, namun saat pengurus Hipam mencoba meminta pertanggung jawaban ganti rugi tersebut, justru tidak ada tanggapan dari pihak Proyek," terangnya.

Saat blokTuban mencoba menghubungi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Choliq Qunaisih, dan juga Pemborong dari proyek drainase, guna untuk mengklarifikasi terkait temuan masalah tersebut. Ternyata tidak ada jawaban dari keduanya, dan hanya terdengar nada sambung, juga pesan singkat yang dikirimkan tidak mendapat balasan. [nok/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : drainase, desa pong pongan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more