19:00 . Kasat Sabhara Polres Tuban Cukur Anggota Berambut Panjang   |   16:00 . Resmikan Kantor MWC NU Kecamatan Soko, Ini Harapan Wabup Tuban   |   13:00 . Harga Gabah Turun, Diskoperindag Tuban Minta Petani Manfaatkan Resi Gudang   |   12:00 . Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   17:00 . Satu Tahun Covid-19, Tuban Zona Orange, Lamongan dan Bojonegoro Zona Kuning   |   16:00 . Peluang Usaha, Kafe Bukit Teduh Sajikan Panorama Indah   |   15:00 . Kios Milik Warga Grabagan Ludes Dilalap Jago Merah   |   13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |  
Thu, 04 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Museum Kambang Putih Kabupaten Tuban

Museum Kambang Putih Lakukan Renovasi

bloktuban.com | Wednesday, 16 December 2015 15:00

Museum Kambang Putih Lakukan Renovasi

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Museum Kambang Putih Kabupaten Tuban yang berada dibawah naungan UPTD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, tengah melakukan renovasi di beberapa ruangan yang berada di dalam museum. Renovasi dilakukan agar dapat memberikan kenyamanan kepada para pengunjung, baik wisatawan ataupun pelajar yang sedang melakukan kegiatan study tour, terlebih akan ada tambahan ruangan baru.

Menurut Kepala Museum Kambang Putih, Santi Puji Rahayu, mengatakan bahwa pembangunan hampir setiap tahun dilakukan, karena bertujuan untuk bisa mengoptimalkan setiap ruangan. Sekarang ini kita sedang melakukan penataan instalasi listrik, agar kabel bisa tertata dengan rapi, dan pembuatan labolatorium untuk menunjang minat dari para pengunjung agar bisa ikut berpartisipasi ataupun ikut langsung dalam penelitian barang-barang bersejarah.

"Pembuatan labolatorium baru dimulai tahun ini, sebelumnya kita hanya menata ruangan agar terlihat indah dan rapi, namun pada pembuatan ruangan museum ini diharap mampu menjadi ruang belajar bagi para pengunjung, termasuk pelajar ataupun siswa yang biasanya mendapat tugas dari sekolah," imbuhnya kepada blokTuban.com.

Saat blokTuban.com menanyakan terkait anggaran yang diterima untuk renovasi museum. Santi mengatakan, bahwa untuk anggaran dana renovasi ini, pihaknya mendapat kucuran anggaran sebesar Rp275 juta dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Dana tersebut sangat bermanfaat untuk kemajuan museum ini, terlebih saat ini Museum Kambang Putih sudah banyak dikenal, baik di tingkat Provinsi ataupun Nasional, karena koleksi benda-benda sejarah yang dimiliki.

Adapun koleksi yang menjadi unggulan museum saat ini, lanjut Santi, adalah Nekara sebagai benda untuk ritual pada zamannya, Arca Mahakala dari batuan Andesit pada abad ke-13, Jangkar berlengan empat ditemukan di bancar, Kalpataru atau yang disebut Masterpiece of Museum Kambang Putih yang terbuat dari kayu jati. Pada Kalpataru ini terdapat empat bangunan tempat suci yang terdapat pada arsitektur benda tersebut.

"Yakni Islam, Hindu, Budha, dan Tri Dharma. Berdasarkan penelitian, bahwa diyakini Kalpataru adalah peninggalan pada zaman Sunan Bonang" tutup Santi. [nok/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : museum kembang putih, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more