Antisipasi Pohon Tumbang, Dinas PU Lakukan Penebangan

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Dalam rangka mengantisipasi pohon tumbang pada musim hujan yang datang akhir-akhir ini mengguyur Kabupaten Tuban, membuat Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, melakukan langkah efektif agar masyarakat sebagai pengguna jalan bisa terhindar dari bahaya yang suatu saat akan mengancam keselamatan mereka.

Seperti yang terlihat pada setiap ruas jalan yang ada di Jl. Basuki Rahmat, di mana tampak pepohonan yang rindang senantiasa menghiasi keindahan jalan tersebut, mulai dari ujung bundaran SMA 1 Tuban sampai ujung perempatan Kembang Hijau. Namun siapa sangka dibalik keindahan tersebut masih ada bahaya yang senantiasa mengancam keselamatan bagi pengguna jalan yang tengah melintas apalagi saat angin kencang menerjang. Bukan hanya di Jl. Basuki Rahmat saja, di jalan-jalan lain juga berpotensi demikian, seperti di Jl KH. Mustain, dan Jl. Veteran.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan di Dinas Pekerjaan Umum, Lilik Subiyanto, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan agenda rutin bersih-bersih pohon di jalan kota, terutama pohon yang sedang tumbuh daunnya sampai ke bibir jalan, maka akan segera dilakukan pemotongan rantingnya.

"Kalau yang ada di Jl. Basuki Rahmat dimulai dari SMAN 1 Tuban sampai di perempatan kembang hijau," imbuhnya.

Lebih lanjut Lilik, mengatakan selain di Jalan Basuki Rahmat, penertiban pohon-pohon yang rantingnya sudah sampai ke bibir jalan, juga dilakukan di Jl. KH. Mustain, dan Jl. Veteran. Pada dua jalan tersebut ada beberapa pohon yang sudah ditebang, karena kondisi yang sudah tua dan akarnya kurang kuat, sehingga rawan tumbang, apalagi sekarang lagi musim hujan.

"Pemotongan pohon harus kita lakukan, karena jika tidak, akan berpotensi tumbang, dan bisa menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jalan," tegas Lilik.

Dari pantauan blokTuban.com, memang terlihat beberapa pohon sudah dilakukan pemotongan, tepatnya di jalan veteran dan jalan KH. Mustain, sementara untuk di jalan Basuki Rahmat sudah dilakukan penertiban. [nok/rom]