Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Pemandian Mata Air Prataan merupakan salah satu wahana wisata di Kabupaten Tuban, tepatnya di Dusun Prataan, Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan. Bila ditempuh dari pusat kota atau Kabupaten Tuban butuh waktu sekitar 1 jam. Jaraknya kurang lebih 50 Kilometer (Km) persis di tengah hutan belantara wilayah KPH Parengan.

Wahana wisata alami ini terdiri dari dua macam unit, yaitu kolam renang biasa dan air (nganget) hangat. Untuk menuju tempat ini memang dibutuhkan kehati-hatian, sebab lokasinya melewati hutan yang sepi sekitar 5 Km baru sampai di dusun Prataan. Di situlah Wahana Wisata Air Prataan berada. Wahana tersebut sampai saat ini dikelola oleh Perhutani KPH Parengan.

Hari Minggu (06/12/2015) suasana pemandian tersebut cukup lengang. Tidak seperti biasanya, apabila hari libur wahana yang dikelola Perhutani ini sangat ramai pengunjungnya. Rata-rata pengunjungnya dari luar kota, terutana Bojonegoro.

Salah satu pengunjung, Rudi (24) mengaku dirinya baru pertama kali ke wahana wisata alami yang merupakan satu-satunya di Parengan itu. Ia mengaku penasaran saja, seperti apa pemandian Prataan tersebut. Baginya cukup bagus keindahan alamnya, karena masih dipenuhi pepohonan.

"Saya kira ramai, tapi kok sepi ya," ujarnya kepada blokTuban.com.

Senada dikatakan penjaga tiket masuk, Slamet (30), hari ini baru sekitar 50 tiket yang terjual. Dirinya mengaku biasanya hari libur seperti ini, pengunjungnya bisa mencapai ratusan.

"Karena cuaca mungkin, sudah mulai mendung, jadi sepi pengunjungnya," ujarnya. [hid/col]