Wabup Harap Satlinmas Bertugas dengan Baik

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Wakil Bupati Noor Nahar Hussein berharap Satlinmas mampu mengemban tugas dengan baik.Hal itu disampaikam dalam acara simulasi pengamanan Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung di Lapangan Gedung Olahraga Rangga Jaya Anoraga (GOR) Kabupaten Tuban pada Jumat (27/11/15) tadi.

Noor Nahar Hussein selaku pembina upacara, menyampaikan acara simulasi pengamanan Pilkada ini penting untuk kepemimpinan Tuban kedepan. Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) harus mampu mengamankan Pilkada agar kondusif.

Satlinmas juga harus bisa berkordinasi secara baik dengan Babbinsa dan juga Babinkamtibmas untuk mencegah kerawanan-kerawanan masalah yang akan terjadi. Dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 1.863 titik di sejumlah desa Se-Kabupaten Tuban, potensi konflik pun harus diwaspadai.

Karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TUban berharap dengan jumlah keseluruhan Satlinmas yang ada di Kabupaten Tuban Sebanyak 5.162 anggota mampu menjaga kondusifitas Pilkada dengan baik.

"Tugas mulia Satlinmas tersebut tertuang dalam Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum," imbuh Noor Nahar.

Semoga dengan adanya simulasi pengamanan Pilkada ini, Tuban lebih siap menghadapi segala potensi di titik-titik kerawanan yang ada. "Karena konflik setiap saat bisa datang tak terduga dan bisa menjadi nyata," pungkasnya. [nok/col]