Kilang Beroperasi, SP TPPI Undang Syukuran Jurnalis

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Serikat Pekerja (SP) PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI) menggelar tasyakuran sederhana dengan mengundang jurnalis di Kabupaten Tuban, Rabu (18/11/2015) malam.

Tasyakuran digelar di rumah Ketua SP TPPI, Suhariyadi, tepatnya di Perumahan Mondokan, Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban.

"Karena jurnalis Tuban adalah saksi sejarah bersama serikat pekerja TPPI mengenai kilang TPPI yang sekarang kembali beroperasi," kata salah satu pengurus SP TPPI, Eko, membuka acara syukuran.

Eko melanjutkan, SP PT TPPI masih mengingat betul kondisi ketika kilang minyak ini dinyatakan pailit. Sekitar tahun 2014 lalu, mereka kerap meminta bantuan jurnalis di Tuban untuk menyebarkan informasi apa itu TPPI, dan bagaimana besarnya potensi ini. Termasuk ketika mereka melakukan serangkaian aksi agar TPPI diambilalih pemerintah seperti sekarang ini.

Ketua SP TPPI, Suhariyadi, menambahkan kalau syukuran digelar secara sederhana merupakan ucapan terima kasih. Selain itu juga, syukuran atas pencapaian TPPI yang sudah nampak sekarang, bahkan mendapat kunjungan dari Presiden Joko Widodo beberapa waktu kemarin.

"Ini adalah hasil kerja sama semua pihak, semoga TPPI membawa dampak dan manfaat yang positif untuk Kabupaten Tuban," kata Suhariyadi.

Ketua Ronggolawe Press Solidarity (RPS), Khoirul Huda, meminta agar SP TPPI menjalin komunikasi secara terus menerus dengan jurnalis di Tuban. Utamanya bisa membantu wartawan untuk mengakses informasi dari dalam.

"Ini adalah asset negara, jadi kami berharap nanti bisa dibantu untuk mempermudah akses informasi di dalamnya, untuk disampaikan kepada masyarakat luas," kata Huda. [pur/mu]