10:00 . Era Digital Peluang Bisnis dari Rumah Terbuka Lebar   |   09:00 . Telan Biaya Rp15 Miliar, Gedung Baru PN Berstandar Peradilan Modern   |   08:00 . Sidak KPM di Semanding, Ini yang Ditemukan Dinsos   |   07:00 . Keuntungan Lain Menyusui, Mencegah Penumpukan Lemak!   |   18:00 . Ramadan, Pertamina Pastikan Energi di Jatimbalinus Aman   |   11:00 . Pemkab Larang Masyarakat Jual Toak, Petasan, dan Lakukan Sweeping   |   10:00 . Sepekan, ASN Bekerja Minimal 32,50 Jam   |   09:00 . Es Cendol Dawet, Minuman Segar Buat Buka Puasa   |   07:00 . Perempuan Stres Berisiko Jantung Koroner dan Berita Kesehatan   |   19:00 . Hilal Terlihat, PBNU Tetapkan Puasa Ramadan Besok   |   17:00 . Ketua Konvoi di Jenu Jadi Tersangka, Polisi: Dia Bawa Sajam   |   16:00 . Seleksi Paskibraka 2021, Wabup Minta Jaga Nama Baik Tuban   |   13:00 . Terkait Larangan Mudik, Polres Tuban Gelar Operasi Keselamatan Semeru Selama Dua Pekan   |   12:00 . Jelang Puasa,┬áTempat Ibadah di Montong Dipercantik   |   11:00 . Pertamina Ingin Produk Batik dan Pupuk Organik Tasikharjo Berkelanjutan   |  
Wed, 14 April 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Lebih Dekat dengan Batik Gedok Tulis

bloktuban.com | Sunday, 15 November 2015 21:00

Lebih Dekat dengan Batik Gedok Tulis

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Nama Batik Gedok dari Kabupaten Tuban sudah pasti masyur di masyarakat. Bukan hanya lokal Tuban, tetapi hingga ke luar kota. Bahkan, beberapa distribusi telah sampai di luar pulau atau dibawa hingga manca negara.

Siapa sangka, untuk menjadi satu lembar kain Batik Gedok siap pakai, ternyata membutuhkan waktu yang lumayan lama. Begitu juga kerumitannya. Apalagi untuk jenis tulis yang harus lebih teliti dan sabar dalam pembuatannya.

blokTuban.com mencoba lebih dekat dengan menelusuri tiap tahap pembuatan Batik Gedok Tulis khas Bumi Wali, sebutan familier Kabupaten Tuban. Tepatnya di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Minggu (15/11/2015).

Agar bisa dibatik, maka tahap pertama yang dilakukan warga adalah dengan menenun benang satu persatu hingga terangkai menjadi kain. Butuh ketelitian dan keahlian khusus untuk mengoperasikan alat tenun yang masih manual alias tradisional.

"Setelah jadi kain, baru bisa dibatik dengan orang berbeda, dan prosesnya lebih rumit lagi," kata salah seorang pengusaha batik Tuban, Zainal Abidin.

Belum tuntas sampai disitu, kegiatan selanjutnya adalah dengan pewarnaan yang membutuhkan waktu lama. Karena, prosesnya bisa beberapa kali, tergantung motif dan berapa jenis warna yang diinginkan. "Semakin sulit warna dan motif, maka bertambah lama juga prosesnya," jelasnya.

Kenapa memilih cara pembuatan Batik Gedok Tulis secara tradisional? Zainal menjawab, jika selain memberikan lapangan kerja untuk warga sekitar, juga dengan tangan munusia akan lebih bisa menjaga kualitas. Sebab, setiap detail corak harus benar-benar diperhatikan.

Mengenai kendala utama sejauh ini masih karena faktor alam. Sebab, ketika kemarau pihaknya bisa memproduksi 1.000 kain batik dengan kualitas bagus dalam seminggu. Namun, saat penghujan, terbanyak hanya bisa membuat 300 kain. "Karena proses pengeringan yang butuh waktu lama," sambungnya. [hud/mad]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : ekonomi, kerajinan, batik, gedok, Kerek



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more