Orang Tua Lalai, Anak Bisa Jadi Korban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – Kasus kekerasan, pencabulan, persetubuhan, bahkan pemerkosaan bisa mengancam siapapun. Termasuk anak-anak yang masih berusia di bawah umur. Hal itulah yang kini patut diwaspadai dan Polres Tuban meminta seluruh elemen masyarakat untuk turut serta mencegahnya.

Kasubbag Humas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Elis Suendayati menyebut, orang tua harus bisa melindungi anak-anaknya dari aksi semacam ini. Karena, meskipun ancaman hukum pidana cukup berat bagi pelaku, tetapi masih banyak yang nekat melakukannya.

“Salah satu penyebabnya adalah kelalaian orang tua sendiri. Oleh karena itu, perhatian ke anak harus lebih ditingkatkan,” kata Elis.

Orang tua kerap lupa menjalin komunikasi lebih intensif dengan anak. Padahal cara itu efektif untuk membuat agar orang tua bisa mendeteksi sedini mungkin apabila ada kejadian yang menimpa buah hati. Juga, akan lebih mendekatkan orang tua dengan anak masing-masing.

“Ajak bicara anak-anak kita, supaya dia terbiasa menceritakan apa yang telah dilakukan,” jelas Elis kepada blokTuban.com.

Kebiasaan ini, menurut Elis, bisa menjadikan anak merasa terlindungi dan terproteksi pergaulannya. Anak juga akan terbiasa berdiskusi dengan orang tua, termasuk mana hal yang baik dan perkara yang harus dihindari.

“Kalau ada kasus hukum yang menimpa anak, segera laporkan ke pihak yang berwajib,” kata Elis. [pur/ito]