Skip to main content

Category : Kolom


Kilang Minyak Tuban Sebagai Lokomotif Ekonomi Daerah

Pertengahan tahun ini mega proyek kilang minyak di Tanjung Awar-Awar Tuban akan segera dimulai pengerjaan tahap konstruksi, dengan dimulainya ground breaking. Kilang dengan kapasitas 300 ribu barel minyak tersebut direncanakan akan on stream atau mulai berproduksi di tahun 2022.

Menelaah Kembali Gerakan Sadar Literasi

<br />Belakangan ini banyak bermunculan gerakan-gerakan oleh sekelompok orang yang bertujuan untuk membangkitkan budaya literasi di lingkungannya. Di kota tempat penulis menempuh jenjang perkuliahan, Kota Pahlawan Surabaya, program Surabaya Kota Literasi juga dilancarkan pemerintahnya dengan dibantu mahasiswa-mahasiswi dari beberapa kampus sekitar. Secara langsung gerakan tersebut muncul untuk menyikapi sebuah fakta bahwasannya minat baca dari masyarakat Indonesia sangatlah minim. Hal tersebut penulis yakini sebab kebiasaan membaca tidak dipupuk sejak dini ditambah lagi kini teknologi juga meracuni. Sehingga idiom kutu buku kelak bisa saja menjadi kutu gadget.

Politik Energi Rusia di Indonesia, Study Kasus Kilang Tuban. (Bagian 1)

Politik Energi Global

Selain itu, migas juga menjadi senjata paling ampuh dalam pertarungan politik dunia. Meskipun saat ini menunjukkan tren kenaikan harga, anjloknya harga minyak dunia yang terjadi dalam dua tahun belakangan bukan sekedar fenomena ekonomi semata. Terdapat skenario besar yang dilakukan oleh produsen minyak dunia untuk menjegal beberapa Negara yang menjadi rival politik dan ekonominya. Pasar minyak yang terdepresi digunakan untuk menghancurkan musuh.

Sosiologi dan Eksistensi Hukum Islam

Sosiologi yaitu proses mempelajari pengaruh timbal balik antara pel-bagai segi kehidupan bersama. Sedangkan, Sosiologi menurut Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi Dalam bukunya berjudul Setangkai Bunga Sosiologi; Sosiologi sebagai ilmu masyarakat mempelajari tentang struktur sosial yakni keseluruhan jalinan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, seperti kaidah-kaidah sosial, ke-lompok-kelompok dan lapisan-lapisan sosial.

Pola Pikir Menempuh Pendidikan di Perguruan Tinggi

Kurun awal tahun kerap menjadi permulaan yang menarik di bidang pendidikan, terkhusus di jenjang SMA dan sederajat hingga Perguruan Tinggi. Pada masa-masa itu, acap kali siswa dituntuk untuk mempersiapkan aspek penting sebelum melangkah ke dunia perkuliahan atau dunia kerja. Tak melulu di situ saja, di pihak mahasiswa juga tak kalah heboh. Mahasiswa, terutama yang mengenyam pendidikan Perguruan Tinggi di luar Bojonegoro, yang tergabung di Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada), rata-rata sibuk mempersiapkan momen untuk sosialisasi kehidupan kampus di sekolah-sekolah.

Catatan Awal Tahun 2017

Selamat Datang di Fire Rooster Year

Tahun 2016 baru beberapa jam kita lalui, dan 2017 sebagai tahun penggantinya sudah mulai dijelajahi. Banyak harapan pastinya yang tertambat di hati untuk tahun baru yang bagi "pecinta" shio adalah tahun ayam api atau Fire Rooster Year. Menurut perhitungan orang Tiongkok, Elemen Api (Yin) menjadi unsur dominan di tahun ini yang menunjukkan kehangatan serta ketenangan batin di dalam menjalin hubungan antar pribadi dan keluarga.

Kepala KUA Jatirogo, Nurul Yaqin Anas

Ingin Kaya? Jangan Jadi PNS, Jadilah Pengusaha

Hidup di kalangan pesantren rupanya telah menempa sosok laki-laki ini menjadi lebih arif dan bijaksana. Anak diusianya kalah itu, Nurul Yaqin Anas, sejak kecil menempuh pendidikan agama, mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Ternyata benar hasilnya, selain cakap ilmu agama yang dimiliki pria yang akrab disapa Gus Anas itu, ternyata memiliki keyakinan yang kuat dalam hidupnya.

Esai Minggu

Saya Harus Berguru kepada Siapa di Era Medsos?

<br />Setiap waktu, mungkin tanpa jeda, kita selalu disuguhi orang ataupun lembaga yang menulis pandangan, keyakinan dan tafsirannya akan sesuatu peristiwa. Orang-orang itu menulis dengan lancar menggunakan bahasa-bahasa agama yang terkesan sakral dan suci.&nbsp; Lalu, tulisan itu berseliweran di media sosial. Semakin hari semakin banyak yang berseliweran. Menumpuk.

Buku, blokBojonegoro dan Gerakan Literasi

Tinggal di sebuah daerah yang menggembor-gemborkan industri migas, seperti Bojonegoro, memang harus berusaha tidak terbawa arus. Industri migas harus dipandang bukan milik semua orang, di semua lapisan. Karena faktanya, hanya orang-orang tertentu saja yang terlibat langsung ataupun tidak langsung dengan industri migas tersebut. Karena begitulah karakter industri migas.

Refleksi Sumpah Pemuda

Masihkah Kita Bersumpah?

Dewasa ini Bangsa Indonesia masih terus diterjang oleh isu-isu krusial. Isu Politik, Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) terus saja menyelimuti kehidupan berbangsa dan bernegera. Tak pelak, isu-isu tersebut seolah menjadi makanan sehri-hari bagi masyarakat indonesia, walaupun kini kita dalam peringatan Peristiwa Sumpah Pemuda. &nbsp;