Jelang Hari Raya Kurban, Harga Kambing di Tuban Mulai Merangkan Naik

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau Hari Raya Kurban, harga  kambing disejumlah daerah mulai merangkak naik. Salah satunya, terjadi di Pasar Kambing Tuban, tepatnya di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Kepada blokTuban.com, Petugas di Pasar Kambing Tuban, Sudono mengatakan jika saat ini harga kambing di Kabupaten Tuban naik kisaran Rp200 ribu sampai Rp300 ribu per ekornya.

“Harganya sudah agak naik, seperti kambing yang semula harganya Rp2,5 juta sekarang naik Rp200 ribu sampai Rp300 ribu,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Selasa (6/6/2023).

Kendati demikian, ia mengaku jika saat ini permintaan kambing cenderung masih sepi. Biasanya, tingginya permintaan kambing sendiri, mulai membludak sekitar H-7 hari menjelang Hari Raya Idul Adha.

Menurutnya, setiap harinya kurang lebih 100 sampai 150 kambing yang terjual di pasar kambing tersebut. Pasalnya, pembeli yang datang bukan hanya peternak saja, akan tetapi pedagang yang akan menjual kambingnya kembali.

“Sehari sekitar 100 an karena ini juga ada pedagang sama pedagang. Disini buka setiap hari, mulai jam 07.00 Wib sampai 12.00 Wib,” sambungnya.

Dengan demikian, ia berharap untuk ke depannya pasar hewan yang juga terletak di area belakang Pasar Baru Tuban ini, bisa terus berkembang. Sehingga pembelinya lebih banyak lagi dibandingkan saat ini. 

Senada, salah seorang penjual Kambing, Mustar juga mengungkapkan jika saat ini harga kambing di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan, jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

“Harganya naik sekitar Rp200 ribuan mbak per ekornya. Setiap  harinya kira-kira bisa jual tiga ekoran kambing,” katanya.

Untuk diketahui, ada banyak jenis kambing yang dijual di pasar kambing ini, mulai dari kambing lokal, kambing etawa, maupun domba. Dimana, setiap harinya kurang lebih ada 200 hingga 250  kambing yang dijual di tempat tersebut. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS