Stok Aman, Harga Komoditas Telur Ayam Berangsur Turun di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Melambungnya harga komoditas telur ayam di Kabupaten Tuban, sudah dirasakan oleh masyarakat selama kurang lebih satu bulan terakhir ini. Saat ini, harga telur ayam di pasaran berkisar Rp28 ribu hingga Rp29 ribu.

Padahal, beberapa hari yang harga telur di Kabupaten Tuban hampir sama dengan daging ayam, yaitu Rp31 ribu per kilogramnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tuban, Endro Budi Sulistyono mengatakan jika saat ini harga telur di Kabupaten Tuban, sudah diangka Rp28 ribu.

“Telur Alhamdulillah sudah turun, diawal pasca Lebaran kemarin harganya Rp31 ribu, tapi hari ini sudah diangka Rp28 ribu,” ungkapnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi, Rabu (31/5/2023).

Menurut pria yang akrab disapa Endro ini, melonjaknya harga telur ayam di Kabupaten Tuban ini, disebabkan lantaran banyaknya masyarakat yang menggelar hajatan, sehingga pasokan telur menjadi lebih sedikit dan berpengaruh terhadap harga komoditas telur ayam.

Kendati demikian, ia mengaku bahwa stok atau ketersediaan telur ayam di Kabupaten Tuban tergolong aman atau mencukupi,

“Yang menjadi atensi kita adalah harga telur kemari Rp31 ribu, tetapi ini adalah imbas dari lagi ramainya orang punya hajatan. Tapi pada prinsipnya stoknya telur di Tuban ini masih cukup bagus,” katanya.

Kabar turunnya harga komoditas telur ayam ini, tentu disambut gembira oleh masyarakat di Kabupaten Tuban. Pasalnya, tak sedikit dari mereka yang menggantungkan hidupnya, dengan berjualan makanan berbahan dasar telur.

“Alhamdulillah kalau memang telur sudah mulai turun mbak, kalau telur mahal saya susah mau menaikan harga jual juga tidak bisa,” keluh Yuli.

Dengan demikian, maka perempuan penjual telur gulung asal Kecamatan Palang ini berharap agar harga telur ayam di Kabupaten Tuban, dapat kembali stabil diharga yang normal seperti sedia kala. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di

GOOGLE NEWS