Awas Identitas Kita Digunakan Orang Lain Untuk Pasang Listrik, Ketahui Cara Ceknya

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Kita perlu mengetahui apakah identitas pribadi kita sudah aman atau tidak, bisa jadi identitas kita sudah didaftarkan orang lain untuk memasang listrik di rumahnya.

Menanggapi adanya penyalahgunaan identitas pribadi untuk digunakan orang lain, Manager ULP PLN Tuban, Agus Riyadi memberikan tips bagaimana mengatasi hal tersebut.

Pertama kita bisa mengecek apakah identitas kita sudah digunakan atau belum oleh orang lain, dengan mengeceknya di aplikasi PLN mobile.

“Kita bisa cek di PLM Mobile mas apakah identitas kita aman atau digunakan orang lain,” ujar Manager ULP PLN Tuban, Agus Riyadi kepada blokTuban.com, Sabtu (27/05/2023).

Nantinya jika memang identitas kita sudah dipakai orang, di aplikasi PLN mobile kita juga akan tahu identitas kita sudah digunakan oleh siapa.

Disinggung apakah PLN tak bisa membendung itu, pria yang akrab disapa Agus ini menuturkan, jika biasanya oknum yang menggunakan identitas orang lain untuk memasang listrik datang di kantor PLN membawa beberapa syarat yang sudah lengkap seperti KTP, KK, dan surat penyataan saudara. Dengan begitu tentunya PLN tak bisa menolak jika memang saratnya sudah lengkap.

“Semua kembali lagi bagaimana kita menjaga identitas kita agar tetap aman dan tidak sampai disalah gunakan orang lain,” imbuhnya.

Selain itu ia juga akan selalu terbuka jika ada masyarakat yang hendak melaporkan jika ada penyalahgunaan identitas untuk digunakan orang lain.

“Jika setelah dicek nama ada yang digunakan orang lain silahkan lapor,” bebernya.

Diketahui di Kabupaten Tuban pada tahun 2022 terdapat 2 orang yang identitas seseorang digunakan orang lain untuk memasang listrik, sedangkan di tahun 2023 ini baru dijumpai satu kasus di Kecamatan Rengel.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS