Erick Thohir Dorong Kejagung Ungkap Dugaan Korupsi Emas Antam

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Menteri BUMN Erick Thohir secara terbuka mendorong Kejaksaan Agung mengungkap dugaan korupsi emas senilai Rp 47,1 triliun di PT Aneka Tambang Tbk (Antam). 

Belakangan ini Kementerian BUMN melakukan program bersih-bersih dimana tidak hanya Antam, banyak BUMN lain yang akhirnya ketahuan melakukan korupsi.

"Sejak awal, saya selalu terbuka, bekerjasama dengan KPK sebagai pencegahan, sejak awal kok saya bilang," ujarnya di Kementerian BUMN yang dikutip dari sara.com jejaring blokTuban.com, Jumat (26/5/2023).

Erick melanjutkan, banyakanya kasus korupsi di tubuh BUMN ini terjadi karena adanya transformasi sistem managerial perseroan. Selain itu juga ada pada karakter petinggi BUMN itu sendiri.

"Dalam memastikan perubahan, ya harus mencari figur-figur yang tepat," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketum PSSI ini.

Sebenarnya, lanjut Erick, kasus korupsi yang mendera BUMN termasuk Antam merupakan kasus lama yang sudah meredup seiring berjalannya waktu. Kasus itu mencuat ke publik kembali, setelah Kementerian BUMN bekerja sama dengan penegak hukum.

Erick menyebut, kerja sama dengan penegak hukum bukan hanya untuk mencari kesalah-salahan, tetapi juga memperbaiki standar operasional prosedur di sistem operasional maupun sumber daya manusia.

"Lalu, dengan Kejaksaan apa? Justru proses hukumnya di Kejaksaan, karena bagian supaya memperbaiki SOP-nya, sehingga itu tercatat kalau melakukan kesalahan ini dan itu, sistemnya ini yang benar, kalau kita ingat dulu Garuda seperti itu," pungkas dia.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS