BMKG Prediksi Banjir Rob Terjadi di Perairan Laut Tuban pada Minggu ini

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, memprediksi jika akan terjadi banjir rob, diperairan laut Kabupaten Tuban, hingga 22 Mei 2023 mendatang.

Diketahui, banjir rob sendiri merupakan banjir yang disebabkan oleh kenaikan permukaan air laut, sehingga air laut yang pasang tersebut naik hingga menggenangi daratan. Biasanya, banjir ini sendiri diakibatkan karena terjadinya pasang air laut, yang lebih tinggi dari ketinggian daratan.

Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan bahwa penyebab adanya banjir rob di perairan Kabupaten Tuban ini, disebabkan karena adanya fase bulan baru yang mempengaruhi kondisi pasang surut air laut.

“Dikarenakan adanya fase bulan baru atau new moon, mempengaruhi kondisi pasang surut air laut di pesisir Jawa Timur, termasuk perairan Tuban-Lamongan,” paparnya kepada blokTuban.com, Minggu (21/5/2023).

Adapun waktu terjadinya banjir rob tersebut, lanjutnya yaitu sekitar pukul 09.00 wib hingga 11.00 wib. Dimana, pada waktu itu ketinggian pasang maksimum air laut dapat mencapai kurang lebih 130 cm hingga 140 cm, dari permukaan laut.

Tingginya pasang maksimum air laut ini, berpotensi menyebabkan terjadinya banjir rob dan berdampak pada munculnya genangan air, setinggi 10 sampai 20 cm di sekitar pesisir wilayah perairan yang terdampak.

“Kondisi tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 09.00 wib sampai 11.00 wib, dengan ketinggian pasang maksimum air laut mencapai 130-140 cm,” jelasnya.

Lebih lanjut, adanya genangan air yang diseb karena adanya banjir rob tersebut, maka dapat mengganggu transportasi disekitar pelapuhan dan pesisir. Selain itu, juga aktivitas petani garam, perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS