Molor Hampir Setengah Tahun, Proyek Rest Area Tuban Akhirnya Selesai

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Akhirnya cerita panjang terkait molornya proyek revitalisasi Rest Area Kabupaten Tuban di Jalan Teuku Umar berakhir.

Rest Area merupakan salah satu mega proyek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Proyek ini sendiri telah dimulai pembangunannya pada awal September tahun lalu, dengan nilai pagu sebesar Rp8,3 miliar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR PRKP) Kabupaten Tuban, Agung Supriyadi mengatakan bahwa proyek tersebut saat ini sudah usai.

“Proyek Rest Area sudah selesai 2 hari lalu,” ujar Kepala Dinas PUPR PRKP Kabupaten Tuban, Agung Supriyadi kepada wartawan, Jumat (19/05/2023).

Walaupun proyek tersebut molor hampir setengah tahun, CV pemenang kontrak tak akan di blacklist sebab CV yang mengerjakan proyek Rest Area masih bisa menyelesaikan pekerjaan.

“Tidak kami blacklist karena masih bisa menyelesaikan pekerjaan dan dalam aturannya memang begitu,” imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Agung ini menambahkan pemblacklisan bisa dilakukan kalau sampai menimbulkan putus kontrak. Disinggung terkait besaran denda, Agung tak bisa memastikan dan akan dihitung oleh pejabat pembuat komitmen (PPK).

Namun, CV yang mengerjakan proyek ini akan membayar denda sebesar 1/1000 (satu perseribu) dari nilai kontrak per harinya, dan terus berjalan setiap harinya dari total keterlambatan penyelesaian proyek.

“Denda satu per seribu dari nilai kontrak, per harinya,” paparnya.

Dari pantauan blokTuban lokasi Rest Area, saat ini lokasi sudah steril dan hanya ada beberapa pegawai kebersihan dan beberapa orang yang menyelesaikan finishing pengerjaan di area Rest Area. Lokasi rest area masih tertutup rapat dengan pagar dari galvalum, kemudian masih ada beberapa lokasi yang belum diplester semen dan juga dipasangi keramik

Sebagai informasi tambahan Rest Area ini direncanakan selesai pada akhir tahun 2022. Namun, dengan kenyataan di lapangan, ternyata proyek ini belum bisa selesai pada akhir Tahun 2022, dan baru selesai pada bulan Mei 2023.[Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS