Aktifis PMII Saling Dorong dengan Petugas di Depan Kantor Pemkab Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Makhdum Ibrahim Tuban, di depan Gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, diwarnai Saling Dorong antara petugas kepolisian dengan massa aksi. 

Aksi saling dorong tersebut, terjadi saat massa mahasiswa mencoba masuk ke dalam area Gedung Pemkab Tuban yang berada di Jalan Kartini, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Massa aksi yang mencoba masuk tersebut, dihalau oleh petugas aparat petugas keamanan yang berjaga di depan pintu masuk gedung. 

Akibatnya, aksi saling dorong tak dapat terhindarkan. Bahkan, terlihat massa dan aparat saling bersitegang antara satu dengan yang lainnya. 

Ketua Komisariat PMII Mahdum Ibrahim, Ali Muhrizam mengatakan jika aksi yang dilakukan kali ini merupakan bentuk protes mahasiswa atas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tuban yang mengalami kemoloran.

"Tuntutan kami terkait pembangunan infrastruktur, dari mulai Tahun 2022 kemarin telah mengalami kegagalan, bahkan sampai molor. Kamu mengingatkan kembali kepada dinas terkait, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lagi," paparnya kepada sejumlah awak media, Jumat (19/5/2023). 

Dalam aksi yang unjuk rasa tersebut, mahasiswa tidak ditemui oleh Bupati Tuban karena sedang tidak berada di tempat. Sebagai gantinya massa aksi ditemui oleh Staff Ahli Bupati Tuban, Rakhmad. Namun, puluhan mahasiswa tersebut, tidak terima dan meminta agar Bupati Tuban yang langsung menemui demonstran. 

"Sudah berapa kali kita melakukan aksi disini, tapi Bupati tidak pernah keluar sama sekali. Apabila Bupati enggan untuk menemui massa aksi, maka kita akan mengajukan audiensi dan melakukan hirring ke Pemerintah Kabupaten Tuban, " katanya. 

Untuk diketahui, sebelum menggeruduk Kantor Pemkab Tuban, massa aksi terlebih dahulu mendatangi Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPR) Kabupaten Tuban dan ditemui oleh Kepala Dinas PUPR Tuban, Agung Supriyadi. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS