Vaksinasi LSD Pada Sapi di Tuban Bakal Dimulai Pekan Depan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Setelah beberapa bulan menunggu jatah vaksinasi, untuk penyakit menular Lumpy Skin Disease (LSD), kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dapat sedikit bernafas lega, lantaran Kabupaten Tuban mulai mendapatkan jatah Vaksin LSD.

Kabar baik tersebut, diungkapkan Dinas Ketahanan Pangann, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban, melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan), Pipin Diah Larasati.

“Vaksinasi LSD sudah tersedia, sebagai antisipasi Lalu Lintas ternak pada saat Hari Raya Idul Adha,” ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (18/5/2023).

Bahkan, sejauh ini sudah ada kurang lebih 40 ekor sapi di Kabupaten Tuban, yang sudah menndapatkan vaksinasi LSD. Dimana, puluhan sapi tersebut adalah hewan yang akan dikirim ke luar Pulau Jawa.  

Sementara vaksinasi untuk sapi lainnya, baru akan dimulai pekan depan. Oleh Karenna itu, bagi masyarakat atau peternak yang membutuhkan vaksin, dapat menghubungi petugas medis di masing-masing kecamatan.

Pasalnya, alokasi vaksinasi yang didapatkan sesuai dengan permitaan dan lebih sedikit, jika dibandingkan dengan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Adapun kriteria hewan yang dapat menerima vaksinasi sendiri, harus dalam keadaan sehat.

“Alokai vaksin sesuai permintaan, terkhusus yang akan di Lalu Lintaskan, sapi harus sehat. Jika sudah pernah terserang LSD maka akan punya kekebalan alami, jadi tidak perlu divaksin lagi,” paparnya.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Pipinn tersebut, juga menghimbaukepada seluruh peternak yang ada di Kabupaten Tuban, untuk tetap memperhatikan kesehatann hewan ternaknya, rutinn melakukan pengamatan ternaknya, memberikan pakan yang sehat, melaporkan jika terjadi kematian, serta tidak tergesa-gesa menjual ternaknya.

“Selain itu peternak juga harus melak vaksinasi, terhadap ternak yang sehat dan belum terserang,” imbuhnya. [Sav/ Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS