Harga Telur Ayam di Tuban Tembus Rp31 Ribu Per Kilogram, Ternyata Ini Penyebabnya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional, yang ada di Kabupaten Tuban terpantau terus mengalami kenaikan. Bahkan, saat ini harga telur ayam ras hampir setara dengan harga daging ayam.

Dilansir blokTuban.com dari laman Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur, saat ini harga telur ayam ras di Kabupaten Tuban mencapai Rp31.333, sementara telur ayam kampung Rp40.000 per kilogramnya.

Tingginya harga telur ayam di pasaran tersebut, dibenarkan oleh Koordinator Pasar Baru Tuban, Sukadi. Menurutnya, saat ini harga ayam telur ras di pasar yang terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding tersebut, satu kilogramnya dibandrol dengan harga Rp31 ribu.

“Benar mbak, saat ini harga telur ayam sedang naik, satu kilogramnya di Pasar Baru Tuban Rp31 ribu,” terangnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Rabu (17/5/2023).

Melonjaknya harga telur ayam ras di pasaran sendiri, lanjutnya, sudah terjadi sejak satu minggu terakhir ini. Pemicunya, disinyalir karena banyaknya permintaan pasar lantaran sedang musim hajatan.

Oleh karena itu, stok telur ayam ras dipeternak menjadi menipis, sehingga melambungnya harga tersebut tidak dapat terhindari.

“Sudah naik satu mingguan, karena banyak orang yang menggelar hajatan seperti mantu, khitan, dan syukuran mau berangkat haji,” paparnya.

Senada, salah seorang penjual telur ayam disalah satu toko kelontong yang ada di Kecamatan Widang, Parti juga membenarkan tingginya harga ayam, karena banyaknya permintaan pasar tersebut.

“Iya mbak, sekarang harganya mahal Rp32 ribu satu kilogramnya, kalau musim nikahan gini sudah biasa memang selalu naik,” katanya.

Untuk diketahui, saat ini harga cabai keriting per kilogramnya dibandrol dengan harga Rp28 ribu, cabai biasa Rp35 ribu, cabai rawit Rp35 ribu, bawang merah Rp35 ribu, bawang putih Rp33 ribu, daging sapi Rp120 ribu, sementara daging ayam broiler Rp35 ribu satu kilogramnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS